Jumat, 25 Februari 2011

RI Bergandengan Tangan dengan Malaysia Atasi Masalah Kesehatan

Jakarta, Indonesia dan Malaysia sepakat untuk kompak mengatasi 6 masalah kesehatan yang dialami kedua negara. Kedua negara saling menganggap sebagai mitra terdekat strategis untuk mengatasi masalah kesehatan global.

Menteri Kesehatan RI, dr Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH, Dr.PH dan Menteri Kesehatan Malaysia, Dato' Sri Liow Tiong Lai menandatangani joint statement bidang kesehatan disela-sela acara '2nd Senior Official Meeting and 2nd Health Ministerial Meeting on Bilateral Health Cooperation Indonesia and Malaysia' di Hotel Gran Melia, Jakarta, Jumat (25/2/2011).

Ke-6 bidang kesehatan yang disepakati antara kedua negara meliputi:


  1. Pengendalian penyakit menular
  2. Pengobatan tradisional dan komplementer
  3. Pengawasan obat dan produk kosmetik
  4. Food safety and quality control
  5. Peningkatan SDM kesehatan
  6. Penelitian kesehatan. Sedangkan area lainnnya yang akan disepakati bersama oleh kedua pihak

"Malaysia adalah negara tetangga yang berbatasan langsung dengan Indonesia, yang memiliki hubungan yang erat dan sejarah budaya yang kental serta mayoritas memiliki keyakinan yang sama," jelas Menkes Endang.

Untuk itu, lanjut Menkes Endang, kita perlu selalu bergandengan tangan secara bersama-sama mengatasi berbagai masalah, khususnya di bidang kesehatan.

Menkes menuturkan, pertemuan ini akan dimanfaatkan untuk bertukar informasi tentang masalah dan keberhasilan program kesehatan di 6 enam bidang tersebut.

"Dalam pertemuan ini, kita telah mencapai kesepakatan untuk 6 bidang. Keenam kerjasama ini sangat penting bagi Indonesia dan Malaysia," jelas Dato' Sri Liow Tiong Lai, Menteri Kesehatan Malaysia.

Sebagai tindak lanjut kerjasama, akan dibentuk kelompok kerja di kedua Kementerian. Kedua Kementerian juga sepakat untuk segera menyusun Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama bidang kesehatan antara pemerintah Indonesia dan Malaysia. MoU ini sebagai payung hukum kerjasama kesehatan yang diharapkan dapat selesai dibahas dalam kurun waktu 1 tahun ke depan.

"Kami mengharapkan penguatan kerjasama antara Indonesia dan Malaysia akan makin bermanfaat, tidak hanya untuk kedua negara tetapi juga dapat menjawab dan mengatasi berbagai tantangan global di bidang kesehatan dewasa ini," tutup Menkes Endang.

source : http://health.detik.com/read/2011/02/25/124329/1579131/763/ri-bergandengan-tangan-dengan-malaysia-atasi-masalah-kesehatan?881104755

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

thanks for comment

Pencarian

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...