Senin, 12 November 2012

Indonesia Beri Pelajaran Penanganan Bencana pada Dunia

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Presiden Susilo Bambang Yudhoyono 
JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia memberikan pelajaran berharga tentang pengelolaan bencana dalam International Conference "Lessons from Indonesia's Experience in Reconstruction and Preparedness" yang diselenggarakan di Jakarta, Senin (12/11/2012).

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam sambutannya mengatakan bahwa dunia bisa belajar dari pengalaman Indonesia menangani bencana besar. Indonesia telah sukses menangani bencana gempa dan tsunami Aceh tahun 2004, gempa Yogyakarta tahun 2006 serta letusan Merapi tahun 2010..

"Ada enam pembelajaran yang dapat kita petik," kata Presiden.

Presiden menguraikan, pembelajaran pertama  adalah pentingnya kecepatan dan ketepatan dalam pengelolaan bencana, mengedepankan sense of urgency.

Kedua, pentingnya sharing informasi dan komunikasi publik yang cepat, akurat dan tepat. Hal ini mendukung penyaluran bantuan yang terbuka dan tepat sasaran.

Pelajaran ketiga adalah pentingnya koordinasi pada seluruh tahapan penanggulangan, mulai respon tanggap darurat hingga rehabilitasi dan rekonstruksi.
Sementara keempat ialah pentingnya kepemimpinan. Kelima, pentingnya mekanisme pendanaan, pelaksanaan, serta monitoring dan evaluasi yang transparan, dan professional.

Terakhir, kesiapsiagaan yang bertumpu pada kemampuan sumber daya manusia, partisipasi masyarakat, dan alat-alat penunjang, agar mitigasi bencana dapat dilakukan secara cepat dan maksimal.

Bagi Indonesia, ungkap presiden, bencana besar yang dialami Indonesia telah mengubah paradigma pengelolaan bencana.

"Dari semula hanya berupa respon tanggap darurat yang kemudian diikuti dengan rekonstruksi dan rehabilitasi, kini ditambah dengan pengurangan risiko bencana," kata Presiden.

Presiden mengungkapkan bahwa Indonesia terus meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana. Dengan teknologi, Indonesia telah membangun sistem peringatan dini tsunami,  cuaca dan iklim.

International Conference "Lessons from Indonesia's Experience in Reconstruction and Preparedness" hari ini diadakan terkait berakhirnya program Multi Donor Fund dan Java Reconstruction Fund pada Desember 2012.
 
Editor :
yunan

3 komentar:

  1. Amazing blog and very interesting stuff you got here! I definitely learned a lot from reading through some of your earlier posts as well and decided to drop a comment o

    BalasHapus
  2. I don't know how should I give you thanks! I am totally stunned by your article. You saved my time. Thanks a million for sharing this article.

    BalasHapus
  3. Very interesting blog. A lot of blogs I see these days don't really provide anything that attract others, but I'm most definitely interested in this one. Just thought that I would post and let you know.

    BalasHapus

thanks for comment

Pencarian

free counters

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...